Perinus Gandeng Garuda Indonesia Tingkatkan Harga Ikan ke Jepang dan Hong Kong

Merdeka.com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus dalam bidang kargo dan pemanfaatan cold storage untuk distribusi hasil perikanan nasional di pasar internasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengatakan, pihaknya akan bantu Perinus dalam menerbangkan produksi ikan tuna dan kerapu Perinus ke Jepang dan Hong Kong.

“Dengan Perinus kami ingin bekerjasama dalam makanan, dan kami akan mengantar logistik ikan ke luar negeri, yaitu Jepang dan Hong Kong,” ujar dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (16/10).

Dia menceritakan, harga ekspor ikan tuna dan kerapu ke dua negara tersebut selama ini hanya dihargai Rp 350.000 per Kg. Dengan mengenakan pesawat, harga jualnya bisa terangkat menjadi Rp 1 juta per Kg.

“Tadi saya juga berbicara dengan pak Yana (Aditya, Dirut Perinus), ternyata selama ini per kilogram cuma dihargai Rp 350.000. Pantas Perinus enggak kaya-kaya. Mendingan naik Garuda, bayar lebih tapi dihargai Rp 1 juta per kilogram,” ungkapnya.

Ari menjelaskan, harga jualnya bisa meningkat lantaran ikan-ikan yang diterbangkan dari Indonesia masih dibawa dalam keadaan hidup. “Kenapa segitu, karena ikannya enggak dimatikan. Kalo naik kapal kan seminggu harus dimatikan. Nah kalau di Garuda enggak perlu dimatiin, tinggal dikasih kokain,” sebut dia.

Secara pembagian keuntungan, Perinus bakal menerima benefit lebih besar dari Garuda Indonesia. Berdasarkan contoh yang diberikannya, pembagian profit antara Perinus dan Garuda yakni 60 persen berbanding 40 persen.

“Kalau misal sebagian pak Yana dapat Rp 1 juta, Rp 600.000 ke pak Yana, dan saya Rp 400.000,” ungkap Ari.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]